New!! Traveler’s Booklet
Wisata Bandung : Bertandang ke Rumah Si Penghasil Susu di Lembang Bandung
brdcarticleimage


Lembang, sebuah kawasan di Bandung Utara, adalah salah satu tempat wisata favorit di Bandung. Selain indahnya panorama alam dan sejuknya udara pengunungan. salah satu yang dicari para wisatawan saat datang ke Lembang adalah menikmati susu sapi murni yang segar dan lezat. Tak hanya cara minum susu, di Lembang, Anda juga dapat mampir ke rumah para penghasil susu murni ini.

Datanglah ke Balai Pembibitan dan Pengembangan Ternak (BPPT), di Cikole, Lembang. Tempat yang berdiri sejak tahun 1952 ini, awalnya bernama Taman Ternak, dan merupakan tempat pengembangan beberapa hewan ternak, seperti domba, ayam pelung, dan sapi. Namun, sejak tahun 2002, namanya berubah menjadi BPPT dan hanya sapi perah yang ada di sini.

Tempat penangkaran sapi terletak di belakang kantor BPPT. Anda dapat melihat bagaimana makanan mereka disiapkan atau bisa juga turut mencoba memberikan makanan kepada mereka. Menu utama sapi-sapi ini adalah rumput Taiwan yang digiling dan diletakkan dalam wadah yang disebut korang. Percaya atau tidak, setiap hari sapi-sapi ini menghabiskan setidaknya 6 ton rumput. Itupun masih ditambah dengan ampas dan makanan racikan untuk melengkapi gizi mereka, mirip semboyan 4 sehat 5 sempurna.

Tak hanya urusan perut, sapi-sapi ini juga perlu tampil bersih dan cemerlang. Bila Anda datang sekitar pukul 07.00, Anda dapat melihat ritual mandi pagi para sapi ini. Setelah bersih dan kenyang, barulah pada sore hari (sekitar pukul 15.00), sapi-sapi ini diperah susunya dengan alat khusus. Selesai diperah, sapi-sapi ini  kembali diberi makan untuk mengembalikan kondisi mereka.

Susu sapi murni juga dapat segera Anda nikmati di kantor BPPT, dimana mereka juga menjualnya secara eceran, selain mendistribusikannya kepada agen-agen dan para pedagang.  Meneguk susu sapi segar di tengah udara pegunungan yang sejuk, benar-benar tiada tara rasanya.

Menarik sekali bertamu ke rumah si penghasil susu segar ini, namun jangan berisik ketika mengunjungi mereka. Sapi-sapi ini tidak menyukai suasana gaduh yang dapat membuat mereka stres, jadi tentunya Anda tidak mau menjadi tamu yang mengganggu bukan ? (DI/RA)